5 Makanan khas Kota Balikpapan

Posted by KarimGanas on 02.28 in ,

Jika kalian kebetulan sedang di kota Balikpapan atau memang kalian sedang berlibur ke kota ini dan kalian ingin mencari-cari makanan, dan makanan apa ajasih yang ada di Balikpapan yang enak-enak yang biasa parawisatawan cari bagi kalian yang sedang berlibur dan makanan ini yang bisa anda cari di Balikpapan.


1. Bingka Kentang

Masakan satu ini mungkin bagi masyarakat Balikpapan akan sering di temui pada saat bulan puasa datang karna masyarakat akan berburu ini sebagai berbuka puasa mereka. Tapi tenang kalian bisa menemui kue ini pada hari-hari seperti biasa. Kue ini di buat dengan menggunakan arang, jadi bingka kentang ini memiliki aroma yang harum dan khas, Tapi ingat kue ini memang Namanya Bingka kentang Tapi ini kue biasa ko yang nikmat untuk disantap dan biasanya kue ini selalu menjadi oleh-oleh bagi wisatawan jadi kenapa tidak di coba untuk dibeli.

2. Nasi Bakar Seafood

Jika kalian di Balikpapan ingin mencari olahan makanan nasi tidak salah nya anda mencoba nasi Bakar Seafood ini. Karena Balikpapan terkenal akan hasil tangkapan lautnya yang melimpah yang bisa menjadi sebuah kualitas seafood. Dalam sebuah kelezatan  dalam pembuatan nya nasi  yang dicampur dengan olahan ikan, kepiting, dan udang  bersamaan bumbu khas lainyan, dan setelah itu dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar. Perpaduan  pulen nya sebuah nasi dan gurih nya seafood dan jika di Jepang ada makanan Namanya Sushi dan di Balikpapan ada Nasi Bakar Seafood walau berbeda dalam penyajian dan cara memasaknya.

3. Pisang Gapit 

Sesuai Namanya pisang gapit, memang cara pembuatan nya dengan cari Gapit atu di jepit oleh kayu dan tentu saja bahan dasar nya ialah pisang gapok yang dibakar di atas arang hingga setengah matang lalu di jepit oleh kayu hingga matang dan tercium wangi dari sebuah pisang yang di bakar, lalu dengan penyajian nya dengan saus kecoklatan yang memang terbuat dari gula merah dan santan hingga terasa begitu legit di mulut dan tidak begitu sult menemukan penjual Pisang Gapit Karena masih banyak orang yang berjualan di pinggir jalan.

4. Bubur Gunting

Mungkin unik sih Namanya bubur Gunting, memang penyajian nya ada bahan yang digunting gunting dalam hal bahan tidak ada yang begitu special hanya prosesnya saja yang berbeda dan menjadi kan ciri bubur tersebut. Dan bubur ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan, dengan campuran garam, air daun suji, dan air kapur sirih setelah adonan dibentuk di masukan ke dalam rebusan gula merah, garam, dan santan tidak hanya nama yang unik tapi rasanya yang khas baik gurih dan mais hemm legit sekali sepertinya.

5. Amplang

Makanan  Khas balikpapan ini merupakan sejenis kerupuk ikan yang terbuat dari ikan tenggiri, gabus, dan belida. Amplang juga memliki tekstur yang gurih dan renyah dan tentu saja dengan rasanya yang enak membuat orang-orang membelinya, tidak hanya itu amplang pun biasanya sering dijadikan oleh-oleh bagi parawisatawan untuk orang-orang di kampung nya karena itu jika parawisatawan datang ke kota balikpapan Amplang menjadi salah satu oleh-oleh wajib dari Balikpapan dan bagi kalian yang ingin, mencari oleh-oleh Amplang kalian tidak perlu bingung untuk cari diamana karena banyak orang yang berjualan Amplang dimana-mana.